Kompres dan isi game PS2 zso ke HDD External

Sebelum mengubah file iso jadi zso, pastikan kalau OPLnya sudah versi "1.2.0 beta ke atas". Soalnya mulai dari versi inilah OPL bisa membaca game berformat zso. Sebuah file hasil kompresan dari file iso, yang ukurannya jadi lebih kecil tapi tidak mengurangi kualitas dari file gamenya. Sudah nyoba beberapa game, sama saja dengan file iso. Tidak ada pengurangan dari sisi grafis, visual dan cut-scenenya. Tapi entar akan saya update kalau menemukan masalah.

Baca juga:

Untuk HDD External kita memerlukan sebuah aplikasi maxcso di PC. Download langsung ke sumbernya di maxcso Github.

Langkah-langkahnya
  1. Download, extract dan taruh maxcso dalam satu folder yang sama dengan file iso dari game yang mau kita convert jadi zso.
  2. Rename file iso gamenya dan hilangkan spasi di nama file iso game yang mau kita konvert.
  3. Kemudian buka cmd pada folder tersebut. Caranya bisa lihat ss di bawah. Cuman ketik "cmd" di kolom navigasi folder dan file (Entah apa nama dari kolom di sebelah kiri kolom search ini)
  4. Nah di cmd ini pastekan scrip "maxcso --block=2048 --format=zso file.iso". File di rename sesuai dengan nama file iso yang mau kita convert. Bisa lihat contohnya di screenshot kalau bingung. Tinggal enter deh, dan tunggu prosesnya hingga selesai. Cepet kok prosesnya.
  5. Jika sudah jadi zso, tinggal masukin deh ke flashdisk/ HDD Ext. Taruh gamenya dalam sebuah folder dengan nama "DVD". Jadi susunannya Flasdisk:\DVD. Lihat screenshot kalau bingung.

Gitu doang. Mudah kan prosesnya? Hanya saja kita memerlukan PC untuk melakukannya. Saran saya sih kalau pingin praktis dan support untuk game berukuran lebih dari 4gb. Ubah format dari FD/ HDDnya ke exfat. Ingat "OPL 1.2.0 beta" mendukung format exfat. Hasil convert'an bisa bermacam-macam ya. Ada yang menyusut cuma 200'an mb, tapi ada juga yang menyusut hingga gb'an.
Pada tutorial di atas saya juga
 menggunakan FD Exfat loh.
Penasaran juga bisa tidaknya.
Eh ternyata beneran bisa dong.

Untuk mengconvert iso jadi zso dan memasukkannya ke HDD Internal, beda lagi prosesnya. Beda aplikasi juga soalnya. Makanya mending saya bahas di post terpisah. Inilah menyenangkannya masih punya konsol lawas. Ada saja kejutannya setelah lama enggak di sentuh hehee. Sekian dan terima kasih.

0 Response to " Kompres dan isi game PS2 zso ke HDD External "

Posting Komentar