Open PS2 Loader v1.2.0 beta, fiturnya makin cakep!


Ternyata ada banyak perkembangan aplikasi di PS2 setelah sekian lama tidak menyentuhnya. Salah satunya adalah Open PS2 Loader/ OPL. Yang kini telah mencapai ke "versi 1.2.0 beta". Yang saya lihat ada beberapa penambahan fitur menarik di dalamnya. Kalian bisa langsung mendownload ke sumbernya di Open PS2 Loader Github.
Saya pakai OPL v1.2.0 beta 1987. Karena itu
 adalah OPL versi terakhir pada saat itu
Saya sediakan juga links yang ke Google Drive tapi hanya versi biasanya ya. Barang kali ada yang kesulitan download dari Github. Ya mayan juga lah menambah pundi-pundi receh ke saya hehee. Silakan langsung saja klik OPNPS2LD-v1.2.0-Beta-1987-1c5bc79 by Google Drive.

Contoh fitur menarik di OPL 1.2.0 beta:
  • Support dengan HDD Ext/ FD berformat exfat. Format yang lebih bagus dari pada fat32, karena support dengan file di atas 4gb. Jadi ngisi gamenya lebih gampang, tinggal copas doang ke dalam HDD/ FDnya. Taruh file isonya di dalam folder "DVD". Jadi, bye-bye USButil dan fragmented. Sudah saya coba dan ternyata beneran bisa njirr. Makin praktis sekarang isi game PS2 di HDD Ext/ FD di PS2. Kaga perlu aplikasi lagi.
  • MX4SIO, mungkin ada yang belum tahu ya, kalau sekarang kita bisa memainkan game via SD Card. Yang di taruh dalam sebuah slot memory card PS2 dalam sebuah memory card yang di modifikasi. belum nyoba, tapi katanya lebih lancar dari pada via USB/ HDD External. Ada banyak video cara pembuatannya di Youtube, jadi kalau pingin membuatnya bisa cari di sana. Bisa juga dengan membelinya di market place, cuman harganya mahal.
  • Support file Zso (Compressan dari file Iso). Ya sekarang ada aplikasi untuk mengcompressed file iso jadi zso. Kerennya itu bisa di mainkan/ play di PS2 kita. Penyusutan game bisa bervariasi. Sejujurnya inilah yang membuat saya tertarik ingin mengupgrade OPL saya. Hasilnya, HDD Internal yang semula internalnya sisa 4gb jadi 18gb, dengan isi game yang sama.

Tutorialnya Update OPL di HDD Internal (FMCB HDFB)!!!
  1. Download dan pilih variannya sesuai kebutuhan kalian.
  2. Extrak file "zip" nya dengan winrar/zip. Kita bisa merenamenya agar namanya berbeda dengan versi lamanya. Untuk HDD internal sih, kita bisa menaruh beberapa file OPL berbeda. Agar kalau ada masalah bisa di ganti lagi ke versi lama.
  3. Untuk instal, cukup masuk Ulaunch dan masuk mass:/ dan cari di mana kita meletakkan filenya. Lalu Pencet X untuk menandai filenya. Kemudian pencet R1 untuk memilih perintah copy atau cut. Kemudian ke HDD Internal di mana kita meletakkan filenya. Contoh di SS bawah saya meletakkannya di hdd0:/ ___boot/ di sini.
  4. Lalu masuk setingan Free McBoot Configurationnya. Setting untuk otomatis meload ke OPL versi terbaru saat PS2 di nyalakan. Caranya tinggal pencet doang dan cari di mana kita meletakkan filenya di internal.

Tutorialnya Update OPL di Memory Card!!!
  1. Download dan pilih variannya sesuai kebutuhan kalian.
  2. Extrak file "zip" nya dengan winrar/zip. Sebaiknya OPL di rename dulu jadi BOOT.ELF agar sama dengan nama file OPL lawas. Biar OPLnya tidak menjadi 2 entar di Memory Card dan buat size memory card PS2nya berkurang banyak.
  3. Sebelum ganti versi OPLnya ke yang baru, ada baiknya ke setingan Free McBoot Configurationnya. Cek letak dari file OPLnya berada.
  4. Untuk instal, cukup masuk Ulaunch dan masuk mass:/ dan cari di mana kita meletakkan filenya. Lalu copy atau cut file OPL barunya dengan memencet X, untuk menandai filenya. Kemudian pencet R1 untuk memilih perintah copy atau cut. Kemudian ke MC1:/OPL/ <- di sini. Pencet R1 lagi dan pilih perintah paste untuk menaruh filenya. Letak file bisa saja tidak sama, tergantung dari setingan Free McBoot Configurationnya.
  5. Cukup taruh Memory card Free Mcboot di slot 2, maka saat kita menghidupkan PS2, akan langsung booting ke OPL. 
Akhir kata, terima kasih telah mengunjungi Blog saya yang masih cupu ini.... hehehe

2 Responses to " Open PS2 Loader v1.2.0 beta, fiturnya makin cakep! "