PS3 Sistem Restore Loop

Kejadiannya hari minggu tangga 26 kemarin, saat iseng menconvert game PSN jadi game folder pakai PSN Liberator. Setelah berhasil mengconvert RE4 HD jadi game folder, saya mencobanya di game RE0. Eh ngehang dong PSnya pas nyoba gamenya di PS. Akhirnya saya matikan paksa dengan memencet tombol powernya lama. Dan di sinilah masalah di mulai. Karena setelah ini, PS3 saya tiap kali di hidupkan akan masuk dulu ke sistem restore. Sudah saya restore, cancel, dan rebuilt data base tidak ada perubahan. 

Bikin panik terus terang. Awalnya saya curiga di HDDnya. Tapi pas saya cek pakai sentinel performa dan healtnya masih 100%. Akhirnya nanya-nanya ke grup PS3 di Facebook. Sembari nyelam juga di post lawas. Yang ternyata ada cukup banyak post tentang hal ini. Kayanya yang pernah ngalami sistem restore looping ada banyak. Nyobain deh salah satu cara yang banyak di share anggota grup lawas. Yaitu dengan cara restore default setting dari safe mode. Yang ternyata berhasil, Tapi ada masalah lanjutannya.

Ya karena pengaturan kembali ke asal, maka PS3 ini sudah sign out dari akun PSNnya. Mau saya tautin secara online jelas saya mikir 2 kali. Karena harus update firmware ke HFW4.90 yang dari infonya kurang stabil. Itupun terpaksa juga saya buat user kedua karena user utama terkena error trophy. Meskipun save data berhasil saya tranfer di user kedua, sayangnya ada beberapa save data yang hilang. Untuk trophy sih enggak masalah karena memang tidak saya hiraukan.

Sudah tentu save datanya tidak bisa langsung di pakai dong di user kedua. Untung saja kedua masalah ini bisa di atasi dengan Apollo Save data tool. Baru tahu saya kalau aplikasi ini selain bisa buat meresign save data juga bisa buat aktivasi akun PSN di PS3. Canggih benar sekarang. Bisa offline dan penggunaannya tidak seribet pakai reactPSN. Ini benar-benar berfungsi seperti tautin akun PSN di PS3 kita secara online. Untuk file dan caranya akan saya bahas nanti.

Cara masuk safe mode PS3 Superslim

  1. Saat PS3 dalam mode standby/ lampu nyala merah. Tekan dan tahan powernya sampai PS3 mati, kemudian lepas. Lalu tekan dan tahan lagi tombol powernya hingga bunyi bib 2 kali dan lepaskan.
  2. Nah di sini hubungkan stik PS3 kita menggunkan kabel chargenya. Karena di safe mode, bluetoothnya tidak berfungsi. 
  3. Dan pilih pilihan menu sesuai yang kita inginkan. Untuk kasus seperti saya yang tiap kali PS3 di nyalakan selalu minta restore, pilih yang no 2, Restore Default Settings. Pencet yes untuk konfirmasi.

Seperti biasa saya share di sini barang kali ada yang mengalami masalah serupa di PS3nya di kemudian hari. Jangan buru-buru di format dulu HDDnya, apalagi di ganti. Karena bakal menyita lebih banyak waktu. Masalah sepele yang sempat bikin panik. Tapi untung saja ada fixnya. Sekian dan terima kasih untuk yang telah mampir ke sini.

0 Response to " PS3 Sistem Restore Loop "

Posting Komentar