Membuat stik OP jadi senyaman stik OM



Sebenarnya tidak penting-penting amat sih, hanya keisengan yang menyenangkan. Mengingat stik PS3 saya yang kw/ OP sudah lama tidak di gunakan alias nganggur. Ada 3 lagi, jadi macam sampah di lemari. Karena sudah terlalu nyaman dengan stik original/ OM. Di mana tombolnya jauh lebih empuk, dan pergerakan analognya lebih halus. Itu sih yang paling penting, masalah baterai bisa di kondisikan. Sudah mayanlah di ganti dengan baterai Nokia BL-5C, lebih awet dikit. Walaupun menurut saya ini masih kurang loh. Masih kalah jauh dengan baterainya OM.

Harga dari karet bertype V3
Agar tombol lebih empuk,
senyaman stik Om

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengganti karet pada tombolnya, entah itu d-padnya, X kotaknya, dan juga tombol L Rnya. Ganti dengan karet yang kualitasnya lebih bagus dan empuk. Beli yang jenisnya V3, yang saya rasakan memang lebih empuk. Murah kok, kemarin sepaket dapat Rp 2,750'an di market place. Syukur-syukur dapat karet dari stik original/ om, bakalan lebih awet juga. Terakhir dan mungkin paling ribet adalah mengganti analognya. Hal inilah yang saya sesali, karena ternyata analog stik dari OP dan OM itu beda. Pas pasang saya baru sadar! Loh kok enggak pas??? Padahal sudah nyetok . . . "WaDePak!!!". Akhirnya saya pesan lagi analog untuk stik OP di market place seharga Rp 5000/pcs nya.

Harga dari analog stik PS3 OP.
Mungkin ada yang jual lebih
 murah, kalian cari saja sendiri
di market place. 
Di ganti agar pergerakannya lebih halus dan
nyaman di buat main game
Tapi hati-hati saat ganti analog. Dari ketiga stik,
satu stik mengalami putus jalur di
 satu bagian analog kanannya

Kenapa analog juga perlu di ganti? Karena entah kenapa, analog bawaan di stik OP itu berat. Berasa kokoh sih, tapi jauh dari kata nyaman. Bahkan analog yang saya beli terpisah terasa lebih enteng. Ya meskipun tidak bisa di bandingkan dengan stik OM, tapi terasa enteng. Bilang saya lebay ya? Boleh percaya atau tidak, tapi feelnya mendekati stik OM. Dengan catatan yang di mainkan adalah game bergenre selain shooter. Saya coba buat main game Hack n Slash macem Samurai Warrior, tipis bedanya dengan stik OM.


Untuk game shooter, baik itu yang first maupun third person ya tidak akan senyaman menggunakan stik OM. Sudah saya coba dengan memainkan Resident Evil 5 dan Mass Effect. Analognya pas aim kerasa lompat-lompat. Tapi memang sudah ketebak sih. Lagi pula yang saya inginkan memang bukan akurasinya. Tapi dari kehalusan analognya. Dan itu sudah tercapai. Ya setidaknya kini saya bisa dengan nyaman memakai stik OP ini untuk game-game selain shooter.


Sekarang hanya terkendala di baterainya yang tidak setahan stik OM. Tapi ada banyak jalan untuk melakukan keisengan ini. Bahkan saya kepikiran untuk mengganti baterainya dengan baterai senter bertype 18650. Yang sama-sama 3,7v, lebih murah dan daya lebih gede. Saya rasa bakal jauh lebih awet, bahkan melampaui stik OM. Di pikiran saya sih gitu, cuman entah entar kenyataannya. Sekian dan thanks banget telah mampir di blog cuvu ini Guys.

0 Response to " Membuat stik OP jadi senyaman stik OM "

Posting Komentar